90 Desain Terbaru Tangga Rumah Minimalis di Lahan Terbatas

Saat ini banyak rumah di bangun pada lahan yang tidak terlalu pas. Pada area rumah yang kecil, mempunyai tangga tentunya akan sedikit sulit untuk direalisasikan karena bisa membuat hunian terasa lebih sesak jika salah memilih desain. Sebagai referensi, Anda tentunya bisa menentukan beberapa desain tangga rumah minimalis di lahan sempit berikut ini. Salah satu cara untuk menambah ruangan pada area rumah yang mungil adalah menambah lantai pada rumah.

Ide Desain Tangga Rumah Minimalis Modern

Tangga-Rumah-Minimalis-1
« of 20 »

Akan tetapi, solusi tersebut bukan tidak akan memberikan masalah lain, karena menghubungkan kedua tingkat pada rumah membutuhkan desain tangga yang tepat. untuk memilih model tangga yang dapat disesuaikan dengan luas lahan pada sebuah rumah, Anda tentunya harus lebih cermat. Ada beberapa hal yang pastinya harus diperhatikan sebelum Anda memilih desain tangga.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan pada Desain Tangga Minimalis

Sebelum kita membahas tuntas tentang inspirasi desain tangga rumah minimalis, ada baiknya kita perhatikan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu.

  • Hindari Material Beton. Tangga di rumah minimalis kurang cocok menggunakan material beton. Sebab material ini akan membuat kesan tangga menjadi lebih besar dan ruangan pun jadi lebih sempit.
  • Lebar Tangga Cukup untuk Satu Orang. Untuk menghemat ruang, Anda harus memilih panjang dan lebar tangga yang hanya cukup untuk satu orang saja.
  • Jarak Anak Tangga. Jarak anak tangga yang ideal untuk hunian minimalis adalah 15-19 cm.
  • Jangan Buat Tangga Terlalu Curam. Agar tangga lebih aman bagi para penghuni rumah minimalis, hindari pembuatan yang terlalu curam. Karena hal ini bisa berbahaya dan tidak begitu aman ketika digunakan.
  • Ruang di Bawah Tangga Bisa Dimanfaatkan. Pada rumah minimalis, area bawah tangga tentu bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tersembunyi.
BACA:  90 Pilihan Terbaik Model Rumah Minimalis 2 Lantai 2022

Beberapa Desain Tangga yang Cocok untuk Rumah Kecil Minimalis

Berikut ini adalah desain tangga rumah minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi dalam membangun hunian di lahan terbatas:

Desain Tangga Melayang

Desain tangga satu ini tentunya tidak benar-benar melayang. Hal tersebut dikarenakan anak tangganya akan ditopang oleh tembok pada bagian sisi tangga. Jika Anda menyukai jenis tangga seperti ini, disarankan memilih anak tangga dengan material kayu. Sebab material tersebut akan memberikan kesan hangat pada sebuah hunian.

tangga-minimalis-12
« of 16 »

Desain tangga melayang ini tentunya sangat cocok untuk membantu Anda dalam menghemat ruang pada rumah minimalis. Dengan demikian tangga ini tidak akan memakan banyak ruang ketika diterapkan pada hunian Anda.