52+ Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Mewah & Sederhana

by -2256 Views

Memiliki rumah minimalis 2 lantai tentu akan memberikan suka dan duka bagi seluruh pemiliknya, terutama jika menyangkut soal perawatannya. Hal tersebut dikarenakan untuk merawat rumah dengan 2 lantai sendiri dibutuhkan usaha yang besar. Tidak menutup kemungkinan jika biaya perawatan untuk tipe rumah seperti juga cukup besar. Maka dari itu, sebelum memilih produk properti Anda harus mengetahui keuntungan dan biaya perawatannya.

Rumah minimalis 2 lantai
« of 10 »

Klik gambar lalu geser untuk melihat foto lainnya

Pada prinsipnya, kegiatan merawat sebuah rumah yang memiliki 2 lantai tentu akan jauh lebih merepotkan dan juga memerlukan waktu yang lama dibandingkan dengan rumah 1 lantai. Hal ini tentunya wajar saja, karena di dalam rumah 2 lantai sendiri terdapat lebih banyak ruangan yang harus dibersihkan oleh para pemiliknya. Semakin banyak jumlah ruangan di dalam rumah, tentunya menuntut para pemilik bekerja ekstra soal perawatannya.

Cara Merawat Rumah Minimalis 2 Lantai Sendiri yang Efektif

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya merawat rumah minimalis 2 lantai sendiri, berikut adalah ulasannya.

Cek Kondisi Saluran Air Atap Secara Berkala

Kondisi saluran air atap tentunya harus diperhatikan dengan baik jika Anda ingin merawat rumah minimalis 2 lantai. Mengapa demikian? Sebab kebanyakan rumah 2 lantai dengan konsep minimalis sendiri memiliki atap yang datar bukan segitiga seperti kebanyakan rumah lainnya. Hal inilah yang perlu diberikan perhatian lebih oleh para pemilik rumah.

Desain rumah minimalis 2 lantai sederhana
« of 11 »

Ket: gambar desain rumah minimalis 2 lantai sederhana type 36 (klik gambar lalu geser untuk melihat foto lain)

Gaya rumah minimalis juga tidak menggunakan genteng, namun mengaplikasikan cor semen di bagian atap. Maka dari itu fungsi saluran air sangat penting karena berperan sebagai media untuk mengalirkan air hujan menuju bawah. Jadi, proses pembersihan saluran air pada bagian atap rumah tentunya sangat penting. Dengan demikian air di atap bisa mengalir dengan baik tanpa tersumbat.

Bersihkan Tembok Rumah

Umumnya, tembok rumah pada hunian minimalis menggunakan lebih dari satu material. Namun, bahan yang paling sering digunakan adalah tembok batu bata, semen dengan batu alam dan juga kayu. Berbeda material yang digunakan tentunya proses perawatannya pun akan berbeda pula. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan dengan baik saat merawat rumah minimalis 2 lantai.

Untuk penggunaan material kayu, Anda harus menggunakan produk khusus agar memberikan perlindungan khusus dari sebagai macam cuaca maupun serangga pemakan kayu. Sementara itu, tembok yang terbuat dari batu alam sebaiknya dibersihkan menggunakan lap basah agar dapat menghilangkan debu atau kotoran lain yang menempel di dinding.

Berikan Perawatan untuk Kaca

Rumah dengan konsep minimalis memiliki bagian-bagian tertentu yang terbuat dari kaca. Hal ini dikarenakan konsep rumah tersebut sebagian besar mengusung tema ramah lingkungan, sehingga dibutuhkan banyak kaca agar rumah mendapatkan pencahayaan secara maksimal. Dengan demikian para pemilik rumah dapat mengurangi penggunaan lampu di siang hari dan mampu menghemat listrik.

rumah lantai 2 minimalis
« of 9 »

Perawatan kaca dan jendela pada rumah minimalis tentunya sama dengan rumah pada umumnya. Hanya saja, rumah dengan 2 lantai bisa memakan waktu yang cukup lama untuk proses pembersihannya. Maka dari itu, Anda harus membersihkan dan memberikan perawatan khusus untuk kaca secara rutin agar debu dan kotoran tidak akan menumpuk untuk waktu yang lama.

Perhatikan Kebersihan Langit-Langit

Seperti diketahui bersama, rumah minimalis 2 lantai biasanya memiliki langit-langit yang tinggi. Bagian ini sering kali dilewatkan oleh para pemilik rumah. Padahal, jika dibiarkan dan tidak dibersihkan debu bisa menumpuk di langit-langit rumah. Selain kotor, debu ini juga akan mengurangi nilai estetika dalam rumah.

Agar proses membersihkan langit-langit rumah bisa dilakukan secara efektif, gunakan vacuum cleaner. Sebab alat ini mampu membersihkan debu secara optimal dan tidak akan membuat bagian lain menjadi kotor. Selain itu, gunakanlah tangga yang aman untuk mencapai bagian atas langit-langit untuk hasil maksimal.

Bersihkan Aksen Interior Rumah

Di dalam rumah dua lantai biasanya terdapat banyak aksen interior yang perlu dibersihkan. Anda harus membersihkan hingga celah-celah terdalam agar rumah bebas debu dan interior tetap terjaga kondisinya. Lakukanlah perawatan ini secara rutin atau berkala untuk mendapatkan hasil maksimal yang bisa dirasakan setiap harinya.

Tentang Penulis: Anggit Prezy

Gravatar Image
Menyukai dunia blogging dan tulis menulis sejak beberapa tahun silam. Selalu ingin tahu. Konsisten mengembangkan website vivarumah.com untuk menghadirkan konten berkualitas.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.